Artikel Detail

KarpetKantor.com - Spesialis Produsen Karpet Kantor Berkualitas - Pabrikan Karpet Kantor Custom Axminster
Distributor Karpet Kantor Tile & Karpet Kantor Roll

  • Home
  • .
  • Page
  • .
  • Artikel Detail

ARTIKEL 3 Jenis Tipe Karpet Kantor

3 Jenis Tipe Karpet Kantor

  • Rabu, 20 Desember 2023
  • Posted by Admin
3 Jenis Tipe Karpet Kantor

Secara umum jenis / tipe Karpet Kantor yang beredar di pasaran terbagi menjadi 3, yaitu :


  • 01.Karpet Meteran atau Karpet Roll
  • 02.Karpet Tile
  • 03.Karpet Plank

1. Karpet Meteran atau Karpet Roll

Karpet meteran atau yang biasanya juga sering disebut dengan Karpet Roll merupakan karpet yang paling banyak digunakan di berbagai macam ruangan kantor. Selain itu karpet ini juga biasa digunakan di apartemen, hotel, perumahan, tempat ibadah dan lain sebagainya. Dengan variasi ketebalan, jenis bahan, warna, motif, design serta harga yang bervariasi dan terjangkau, ditambah dengan proses instalasi yang lebih mudah, membuat karpet jenis ini banyak diminati oleh para pengguna karpet.


Karpet meteran secara umum biasanya memiliki ukuran dengan lebar 3,97 – 4 meter dan panjang 25 – 40 meter, sehingga total dimensi karpet ini berkisar antara 100 sampai 160 meter persegi per 1 roll nya. Untuk ketebalan, karpet meteran biasanya memiliki ketebalan berkisar antara 0.5 cm – 1.5 cm. Sedangkan warna dan motif tersedia sangat variatif. Dari warna dan motif polos sampai dengan warna dan motif elegan. Dimana ketebalan, warna dan motif ini sangat mempengaruhi tinggi dan rendahnya harga.


Pada umumnya Karpet meteran memiliki 3 tipe yang banyak dijual di pasaran, yaitu :

1.1 Karpet Roll Tipe Latex Backing

Karpet meteran tipe ini dibuat dengan mesin loom sehingga memiliki lapisan latex pada bagian bawahnya. Latex sendiri merupakan lem perekat yang sangat kuat untuk melekatkan benang pada bahan karpet. Sementara benang tersebut dibuat dari benang polipropilene yang merupakan biji plastik berkualitas. Karpet tipe latex backing ini banyak sekali pilihannya, Anda bisa menemukan karpet yang polos, motif sederhana, hingga motif elegan yang sangat cocok untuk interior kantor anda.

1.2 Karpet Roll Tipe Wilton

Tipe yang satu ini lebih sering digunakan untuk ruangan besar atau ruangan khusus yang jarang dilalui banyak orang. Misalnya seperti ruang aula, ruangan khusus untuk  manajer, dan ruangan direksi. Karpet ini dibuat menggunakan mesin yang disebut wilton jackquard dengan dua jenis benang, yaitu benang Polipropilene dan benang Nilon. Karpet ini juga cukup tebal karena memiliki tinggi sekitar 8 mm sampai 13 mm. Dengan keunikannya tersebut, maka tak heran jika karpet wilton menawarkan harga yang lebih tinggi dibandingkan karpet latex backing

1.3 Karpet Roll Desain Axminster, Handtufted dan Printing

Desain karpet axminster, handtufed dan printing sebenarnya adalah sebutan untuk karpet kantor yang dipesan secara custom atau biasa disebut dengan Karpet Custom. Artinya, setiap pembeli diberi kebebasan untuk menentukan motif, warna hingga ukuran sesuai keinginan, selera, atau berdasarkan kebutuhan ruangan, sehingga menjadikan karpet custom sebagai karpet yang bersifat limited edition.


Kelebihan lain karpet custom adalah cocok untuk melapisi ruangan yang sangat luas dan terlihat lebih rapi tanpa sambungan, misalnya untuk gedung pertunjukan, penyelenggaraan pagelaran-pagelaran seni atau konser yang bergengsi. Memesan karpet custom dengan logo (brand) perusahaan juga bisa menjadi salah satu upaya branding yang memperkuat brand Anda di mata masyarakat. Meskipun sama – sama dikhususkan untuk pembeli yang ingin memesan karpet secara custom, namun tetap ada perbedaan di antara ketiga tipe desain ini.

A. Karpet Roll Axminster

Karpet Axminster adalah karpet dengan kualitas terbaik yang diproduksi menggunakan mesin penenun listrik yang canggih dan modern dan diimpor langsung dari Belgia. Memiliki ketebalan 7 - 8 mm, karpet Axminster dibuat menggunakan campuran benang Wool New Zealand dan Benang Nilon, dengan komposisi 80% benang wool dan 20% benang Nilon.


Diproduksi dengan ukuran Lebar 4 meter (dan kelipatannya) serta panjang tak terhingga, karpet Axminster mempunyai batas minimal dalam pembeliannya, yaitu minimal order sebanyak 600 m2.


Karpet Axminster mempunya keunggulan diantaranya :


  • Warna, design dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli. Dengan memilih karpet custom axminster, Anda bisa mendapatkan produk karpet yang sesuai dengan luas ruangan. Dengan begitu karpet akan terlihat rapih dan elegan tanpa sambungan seperti karpet di ruang-ruang pertemuan arau di ballroom dan hotrl-hotel mewah.
  • Karpet berkarakter keras, tebal dan tidak udah rusak meskipun ditekuk dan dan digulung.
  • Memiliki usia pakai yang cukup lama antara 15 – 20 tahun apabila disertai dengan perawatan yang baik dan berkala.
  • Tahan terhadap api karena terbuat dari benang wool yang berasal dari bulu domba.
  • Instalasi yang lebih mudah.
  • Perawatan lebih mudah.
  • Harga lebih murah dibandingkan karpet Handtufted.

B. Karpet Roll Handtufted

Karpet Handtufted adalah karpet yang memiliki keragaman bentuk, motif dan warna. Karpet ini diproduksi berdasarkan keinginan para pemesan. Pemesan dapat dengan bebas menentukan bentuk, dimensi, desain (motif dan warna), bahkan ketebalan atau tinggi benang pada karpet.


Karpet ini cukup populer saat ini, karena sifat karpet ini customized, maka karpet ini dapat menyesuaikan bentuk dan ukuran ruangan. Karpet ini juga dapat memberikan kesan eksklusif atau kesan berbeda dengan karpet yang lain, karpet-karpet yang melapisi interior gedung-gedung tersebut sesuai dengan tema ruangan atau bahkan memuat logo brand kantor atau perusahaan tertentu. Ada pula ruangan ballroom atau hall yang luas dan berlapis karpet full hingga ke sudut-sudut ruangan tanpa ada sambungan sehingga terlihat eksklusif dan limited edition.


Proses pembuatan karpet ini adalah dengan system tufting, yaitu menyuntikkan atau menusukkan benang dalam kanvas sebagai dasar karpet menggunakan yang disebut layer backing dengan menggunakan mesin tufting yang dioperasionalkan menggunakan tangan. Sedangkan benang yang digunakan untuk memproduksi karpet ini adalah benang jeni Akrilik atau Wool.


Karpet handtufted biasanya diproduksi dengan ketebalan 10 hingga 18 mm sesuai dengan keinginan pembeli.


Untuk memperkuat jalinan benang ditambahkan scrim atau lem latex dan kembali diberi lapisan pelindung. Lapisan tersebut berguna untuk melindungi lantai yang dihampari karpet. Alasan lain mengapa karpet handtufted banyak dipilih adalah durabilitasnya yang sangat tinggi sehingga awet hingga puluhan tahun dengan tiga pelapis backing custom.


Diantara kelebihan karpet handtufted yaitu :

  • Bahan lebih tebal dan lebih padat.
  • Pola pada karpet dapat dicurving atau diemboss.
  • Tidak ada ukuran minimal untuk setiap pembeliannya.
  • Karpet lebih tebal dan padat sehingga menimbulkan kesan mewah dan elegan.
  • Karpet dapat dipesan sesuai ukuran ruangan tanpa menimbulkan sambungan pada karpet.
  • Instalasi mudah.

Khusus untuk Karpet Handtufted ini, maka kami dari karpetkantor.com memiliki Workshop sendiri yang kegiatannya memproduksi Karpet Handtufted ini dengan kapasitas produksi sebanyak 2.000 m2 per bulannya. Untuk pemesanan dan konsultasi anda dapat menghubungi kami di 0816-169-1889.

C. Karpet Roll Printing

Karpet Printing adalah salah satu jenis karpet custom yang diproduksi dengan menggunakan karpet dasar berwarna putih polos yang terbuat dari benang Nilon putih sebagai kanvasnya. Kemudian motif dan design akan dicetak di atas karpet tersebut menggunakan Mesin Chromojet atau Digital Carpet Printer sebagaimana anda biasa melihat pencetakan dokumen kertas menggunakan mesin printer. Dengan penggunaan mesin Digital Carpet Printer inilah yang membuat hasil pembuatan karpet printing akan sangat akurat sesuai dengan design yang telah dibuat oleh pembeli.


Sebagaimana karpet Axminster dan Handtufted, Karpet Printer juga dapat dibuat sesuai keinginan pembeli, baik motif, warna, design maupun luasnya dengan ketebalan karpet 9 – 10 mm. Hanya saja Karpet Printing memiliki jumlah luas minimal dalam pemesanannya, yaitu sebesar 300 m2 dengan ukuran lebar karpet 4 meter (dan kelipatannya) serta panjang tidak terhingga.


Secara umum Karpet Printing mempunai beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya :


Kelebihan karpet printing :

  • Harga lebih murah dan ekonomis.
  • Proses pembuatan lebih cepat.
  • Dapat memuat lebih banyak warna bahkan dapat mewarnai karpet dengan warna gradasi.
  • Mudah dalam pemasangan / instalasi.
  • Perawatan mudah.

Kekurangan karpet printing :

  • Karrpet tidak terlalu tebal.
  • Warna karpet hasil printing tidak setajam warna karpet lainnya.
  • Warna karpet lebih cepat pudar.
  • Masa umur pakai karpet lebih singkat dibandingkan dengan karpet axminster dan karpet handtufted.

2. Karpet Tile

Karpet Tile ini adalah karpet berbentuk kotak persgi empat dengan ukuran standard 50 cm x 50 cm, yang dipasang sesuai pola yang diinginkan. Dalam satu kemasan (dus) karpet ini biasanya berisi beberapa lembar karpet yang berjumlah 20 pcs – 24 pcs, atau secara umum memiliki total dimensi luas meter perseginya adalah 5 m2 – 6 m2 per dus.


Karpet ini memang terbilang cukup unik karena cara pemasangannya yang mirip seperti pemasangan lantai keramik pada umumnya. Hanya saja, Anda tidak perlu membuat adonan perekat yang terbuat dari campuran semen dan pasir untuk menempel karpet tile kotak kotak. Karpet ini pemasangannya sangat mudah karena tinggal ditempelkan saja bagian bawahnya ke atas permukaan lantai dengan menggunakan lem. Anda juga tidak memerlukan underlayer atau foam. Anda hanya memerlukan lem untuk memasangnya.


Karpet ini memiliki lapisan karet pada bagian bawah yang memudahkan pada saat pemasangan/aplikasi dan juga berfungsi sebagai anti slip. Pemilihan karpet ini dapat disesuaikan dengan budget/anggaran yang Anda miliki. Harga dan desain (motif dan warna) sangat bervariasi, pilihan akan sangat bergantung dengan selera Anda.


Karpet Tile dapat digunakan pada banyak sektor untuk keperluan design lantai kantor, hotel, rumah sakit, hunian residensial, sarana kebugaran seperti tempat gym, aula dan lain sebagainya. Namun karpet jenis ini lebih sering digunakan untuk area perkantoran karna kemudahan pengaplikasian dan perawatannya sangat mendukung penggunaan area kantor yang sibuk yang perlu kepraktisan dan efesiensi waktu. Selain memberikan kesan kehangatan, Penggunaan Karpet Tile dapat memberikan kesan yang mewah pada ruangan, lebih nyaman dan berkelas. Ditambah design yang modern dan menarik, menjadikan karpet ini sebagai pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan design kantor anda.


Secara umum, karpet tile mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

  • Harga yang relatif Murah dan Terjangkau.
  • Pemasangan tidak memerlukan underlayer seperti Karpet Roll.
  • Pemasangan yang mudah dan cepat.
  • Design yang lebih variatif dan mudah untuk di kreasikan.
  • Bisa di custom sesuai keinginan.
  • Mudah di maintenance dan dibersihkan.
  • Tahan Lama.

3. Karpet Plank

Karpet Plank adalah karpet jens Tile yang berbentuk persegi panjang layaknya sebuah papan (plank). Secara umum karpet plank tidaklah berbeda denngan Karpet Tile sebagaimana yang telah kami ulas di atas, baik dilihat dari sisi kelebihan maupun kekurangannya. Perbedaannya hanyalah pada ukuran. Karpet Tile mempunyai ukuran 50 cm x 50 cm untuk setiap lembar karpet, sedangkan Karpet Plank mempunyai ukuran 25 cm x 100 cm.


Baca Juga : Macam-Macam Jenis Bahan Karpet Kantor (Benang atau Serat)

Jika ingin informasi lebih lengkap mengenai karpet kantor, anda bisa menghubungi admin kami di : Whatsapp (0816-169-1889).

Recent Post